ESSAY

Writer / NIM
ABD. FIKRI KATILI / 411413099
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
EMLI RAHMI, S.Pd., M.Si / 0028048503
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Gorontalo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 210 orang dan tersebar dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk essay/uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Berdasarkan analisis inferensial ANAKOVA 1 jalur diperoleh model regresi untuk kelas eksperimen (Y ... = 25,89 + 0,68 X ) dan untuk kelas kontrol (Y ...=7,25 + 4,03 X) maka koefisien regresi untuk kedua kelas bernilai positif dan berdasarkan uji homogenitas gradien regresi diperoleh kedua kelas homogen (memiliki gradien yang sama). Pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 4,55 > 4,11 atau tolak H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan konvensional setelah mengontrol pretest. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi Matematis, Pendekatan RME.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011