ESSAY

Writer / NIM
FITRIANI ADAHU / 411413108
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
ABSTRAK Fitriani Adahu. 411413108. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tunanetra Kelas IV Di SDLB Bonebolango Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Metode Ekspositori Berbantuan Media Kartu Bilangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Tedy Machmud, M.Pd. dan Pembimbing II: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tunanetra pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui metode ekspositori berbantuan media kartu bilangan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa tunanetra kelas IV di SDLB Bonebolango tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang diberikan tindakan kelas berjumlah 2 orang, terdiri dari 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang rata-rata memiliki kemampuan dan karakter yang bervariasi dan berbeda, yakni siswa yang berkemampuan rendah, siswa yang berkemampuan tinggi, dan siswa yang memiliki karakter pemalu dan mudah tersinggung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil opservasi kegiatan guru mencapai 33.33% untuk kategori baik (belum tuntas), sedangkan untuk observasi aktivitas siswa belum mencapai standar ketunasan 60% (belum tuntas), dan hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan minimum 60% (belum tuntas) yang telah ditetapkan. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 80% untuk kategori baik dan sangat baik (tuntas) dan observasi aktivitas siswa mencapai 57,41% untuk kategori baik dan sangat baik (belum tuntas) sedangkan hasil belajar siswa mencapai 50%. Pada siklus III hasil observasi kegiatan guru mencapai 100% untuk kategori baik dan sangat baik (tuntas), dan observasi aktivitas siswa mencapai 97,33% untuk ketegori baik dan sangat baik (tuntas) sedangkan hasil belajar siswa mencapai 100%. Kemudian pada tes hasil akhir siswa telah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan yakni 100%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa telah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetakan. Dengan demikian bahwa hipotesis penelitian "jika dalam pembelajaran menerapkan metode ekspositori berbantuan media kartu bilangan, maka hasil belajar siswa tunanetra akan meningkat". Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Kartu Bilangan, Metode Pembelajaran Ekspositri, Siswa Tnanetra. ABSTRACT Fitriani Adahu. 411413108. 2017. Improving Blind Students' Learning Achievement in Class IV of SDLB Bonebolango in Topic of Addition and Subtraction of Integers through Expository Method by Assistance of Number Card Media. Skripsi. Department of Mathematics Education, faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Tedy Machmud, M.Pd. and Co-supervisor is Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. This classroom action research aims to improve blind students' learning achievement in topic of addition and subtraction of integers through expository method by assistance of number card media. This research was conducted to blind students in class IV of SDLB Bonebolango in academic year 0f 2016/2017. Subject of the research are 2 students comprise 1 male and 1 female who have varied and different character and ability which are student with low ability, student with high ability and student with shy character and easy to feel offended. Research findings reveal that in cycle I, teachers' activity observation is 33,33% which is categorized as good (do not pass), while students' activity observation have not yet achieved the passing grade of 60% (do not pass) and so does the students' learning achievement. Afterwards, in cycle II, teachers' activity observation improves to be 80% which is categorized as good and very good (passed) and students' activity observation is 57,41% which is categorized as good and very good (do not pass) while, students' learning achievement is 50%. Then, in cycle III, teachers' activity observation is 100% which is categorized as good and very good (passed) and students' activity observation is 97,33% which is categorized as good and very good (passed) while students' learning achievement is 100%. Afterwards, students' final achievement has passed the passing grade that is 100%. Based on the previous discussion, it can be concluded that learning activity is seccessful due to students' have passed the determined passing grade. Therefore, hypothesis of "if expository method by assistance ofnumbr card media is applied, blind students' learning achievement will improve". Keywords: Mathematics Learning Achievement, Number Card Media, Expository learning Method , Blind Students
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011