ESSAY

Writer / NIM
SARTIN GALLA / 411413115
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK Sartin Galla. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Utara pada Materi Pythagoras. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing:(1)Dr.Drs.Ismail Djakaria,M.Si (2)Dewi Rahmawaty Isa,S.Si,M.Pd Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Utara yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VIII A, VIII B dan VIII C. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan mengahasilkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan mengunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika yaitu tes objektif berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Sedangkan analisis inferensial untuk menganalisis data sampel dan hasilnya. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi Pythagoras. ABSTRACT Galla, Sartin. The Influence of Discovery Learning Model towards Students Mathematics Learning Outcome Pythagorean Material at Grade VIII of SMP Negeri 1 Bulango Utara in. UNDERGRADUATE THESIS. Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Principal Supervisor: Dr. Drs. Ismail Djakaria, M.Si. Co-supervisor: Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd Keywords: Mathematics Learning Outcome, Discovery Learning Model This study aims to determine whether or not students' mathematics learning outcome that is learned by using discovery learning models is higher than students' mathematics learning outcome that is taught using direct learning model. This study was carried out at Grade VIII of SMP Negeri 1 Bulango Utara in the first semester of 2017/2018 academic year. The research design used was Post Test Only Control Group Design. The population in this study were all grade VIII students of Junior High School SMP Negeri 1 Bulango Utara which consisted of three classes namely class VIII A, VIII B and VIII C. Sampling was done using Simple Random Sampling technique by producing class VIII A as an experimental class i.e. class that was taught by employing discovery learning model and class VIII B as a control class that was taught applying direct learning model. Data collection was carried out by engaging mathematics learning outcome test instruments, specifically multiple choice objective tests. The data obtained were, further, analyzed descriptive and inferential. Descriptive analysis is used to describe data that has been collected as it is. Meanwhile, the inferential analysis is to analyze the sample data and the results. Furthermore, hypothesis test was used t test. The results of the study show that the mean learning outcome of students who learned mathematics by using discovery learning model are higher than the mean students' mathematics learning outcomes that were taught by using direct learning model on Pythagorean material.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011