ESSAY

Writer / NIM
SISKAWATI YUNUS / 411413119
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstract
Siskawati Yunus, NIM. 411413119. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila". Skripsi. Di Gorontalo. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan komunikasi matematis dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan model pembelajaran langsung pada materi segiempat. Metode penelitian adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VII semester genap tahun ajaran 2016/2017. Rancangan penelitian menggunakan Post Test Only Control Grup Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila. Sampel penelitian adalah kelas VII D yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kelas VII E yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel yakni Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. Ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih unggul dalam membelajarkan materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011