ESSAY

Writer / NIM
JONI / 411413124
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstract
ABSTRAK JONI. Nim 411413124. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Mengoptimalkan Alat Peraga pada Materi Kubus dan Balok (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd(2) Nurwan, S.Pd. M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Mengoptimalakan Alat Peraga pada Materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pengamatan aktivitas kegiatan guru dan pengamatan aktivitas peserta didik sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil peserta didik pada siklus I yang rata-rata mencapai 86,30%. Berdasarkan uraian diatas, maka kesimpulan penelitian ini adalah"Jika metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan mengoptimalkan alat peraga digunakan pada pembelajaran materi kubus dan balok, maka akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto". Kata Kunci : Hasil belajar, Penemuan Terbimbing, Alat Peraga, Materi Kubus dan Balok. ABSTRACT JONI. Nim 411413124. Improving Students' Mathematics Learning Outcomes Through Guided Learning Learning Methods by Optimizing Display Tools on Cube and Beam Materials (A Study Implemented In Grade VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto). Essay. Gorontalo. Department of Mathematics Mathematics Education Studies Program Faculty of Mathematics and Natural Sciences (MIPA). State University of Gorontalo. 2017. Counselor: (1) Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd (2) Nurwan, S.Pd. M.Si This classroom action research is conducted to improve students' learning outcomes through guided invention learning method by optimizing props on cube and beam material in class VIII SMP Negeri 2 Limboto. The results of this study showed that the results of observations of teacher activity activities and observation of the activities of students have met the criteria that have been determined. This can be evidenced by the acquisition of the results of learners in the first cycle which averaged 86.30%. Based on the description above, it can be concluded that "If the learning model of guided discovery by optimizing props used in learning the material of cubes and blocks, it will improve student learning outcomes of grade VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto". Keywords: Learning outcomes, Guided Discovery, Display Tools, Cube Materials and Beams
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011