ESSAY

Writer / NIM
KARTINI / 411413126
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK KARTINI, NIM 411 413 126 " Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat Dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VII Pada Sub Materi Segiempat). SKRIPSI. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Ismail Djakaria, M.Si dan Pembimbing II : Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung mada materi segiempat. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa Kelas VII pada semester genap 2016/2017 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sisws kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan komunikasi matematis yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validasi butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran langsung pada materi segiempat. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Pembelajaran langsung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011