ESSAY

Writer / NIM
SITTI ZULFADLIYANSI / 411413130
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Sitti Zulfadliyansi. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Majid, M.Pd Permasalahan dalam penelitian yaitu "Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yamg dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran konvensional pada materi Transformasi. Subyek penelitian adalah siswa SMK Almamater Telaga kelas XI, jurusan TKR dan TKK. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan tes. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan yang diajar menggunakan media pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data melalui uji anakova. Media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika, keduanya memberikan dampak positif yang berbeda signifikan terhadap kemampuan pehaman konsep matematika siswa kelas XI SMK Almamater Telaga. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Media Pembelajaran Interaktif, Transformasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011