ESSAY

Writer / NIM
SANDRA R. PANGULU / 411414100
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
ABSTRAK Sandra R. Pangulu, NIM. 411414100. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.pd, (2) Novianita Achmad, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan konvensional pada materi torema Pythagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian adalah post test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Sampel penelitian adalah kelas VIII-2 yang dibelajarkan menggunkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII-3 dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen penellitian adalah tes kemampuan komunikasi matematika siswa berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Ini berarti pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih unggul dalam pembelajaran materi teorema Pythagoras dikelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Kata kunci : Kemampuan, Komunikasi Matematika, Pendekatan pembelajaran Matematika Realistik, Pendekatan Konvensional.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011