Writer / NIM
RIFKA SUTRIANI NUSA / 411415012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasab layang-layang, belah ketupat, jajargenjang dan trapesium dikelas VII-5 dan aktivitas siswa setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning serta kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Prosedur penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian dilakukan di kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Gorontalo pada pokok bahasan layang-layang, belah ketupat, jajargengang dan trapesium dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Gorontalo mengalami peningkatan karena penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Peningkatan tersebut berupa:(1) hasil pengamatan kegiatan guru mengelola pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I beroleh kategori baik (61,53%), meningkat menjadi (92,30%) pada siklus II; (2) hasil pengamatan aktivitas siswa menggunakan pendekatan saintifik pada siklus I beroleh kategori aktif(66,66%), meningkat menjadi (91,66%) pada siklus II; dan (3) hasil belajar matematika pada siklus I mencapai 25% yang tuntas, meningkat menjadi 86,11% yang tuntas pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dari siswa pada pokok bahasan layang-layang, belah ketupat, jajargenjang dan trapesium.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Layang-layang, Belah Ketupat, Jajargenjang dan Trapesium
Download files