ESSAY

Writer / NIM
DESITA HELMA POBELA / 411415023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 0004115702
Abstract
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian Ex-postfacto di Kelas IX SMP Negeri 2 Gorontalo) ABSTRAK Desita Helma Pobela. 411 415 023. 2020. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian Ex-postfacto di Kelas IX SMP Negeri 2 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Matematika, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr.Sarson W. Dj Pomalato, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Dr. Arfan Arsyad, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expostfacto yang menggunakan logika hubungan kausal, yaitu jika X maka Y, atau Y ada karena X, yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gorontalo pada tahun ajaran 2019-2020. Untuk data kecerdasan intelektual digunakan instrument angket berbentuk soal tes kecerdasan intelektual, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi berupa catatan hasil belajar siswa (nilai raport) kelas IX semester ganjil. Berdasarkan analisis data membandingkan nilai thitung dengan ttabel diperoleh thitung sebesar 2.662 > ttabel 1.990 (yang berarti tolak H0) sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan ditunjukkan melalui nilai koefisien korelasi 0.285 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.081, atau konstribusi pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8.1% dan ini berarti 91.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011