ESSAY

Writer / NIM
SURYANI / 411415025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 0004115702
Abstract
ABSTRAK Suryani. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Layang "Layang, Belah Ketupat, Jajargenjang, dan Trapesium Kelas VII SMP. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof.Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. (2) Dr. Arfan Arsyad, Mpd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi layang"layang, belah ketupat, jajargenjang, dan trapesium untuk kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research Development). Rancangan penelitian menggunakan model 4-D yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik non tes melalui lembar penilaian yang digunakan untuk mendapatkan masukan para ahli mengenai instrumen yang dibuat.Teknik tes digunakan untuk mendapatkan butir-butir soal yang sahih dan instrumen yang reliabel yang dilakukan melalui uji coba terbatas. Tes yang disusun berbentuk uraian. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif. Berdasarkan hasil validasi ahli dari 36 butir soal yang disusun ada 15 butir soal yang sama-sama mengukur indikatior yang sama sehingga butir-butir ini dikeluarkan dari instrumen setelah dikonsultasikan dengan pembimbing. Jadi, ada 21 butir soal yang digunakan saat uji coba terbatas. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap 31 responden diperoleh 14 butir soal yang sahih. Hasil pengujian reliabilitas instrumen melalui rumus Alpha Cronbach terhadap butir"butir soal yang sahih diperoleh nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,91. Nilai koefisien reliabilitas ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan pemecahan masalah matematik yang disusun memiliki tingkat kepercayaan yang sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi layang-layang, belah ketupat, jajargenjang, dan trapesium dapat digunakan dalam mengambil data penelitian ataupun juga dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik di kelas. Artinya butir-butir soal dalam instrumen tes pemecahan masalah matematik dapat diadopsi guru dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Kata Kunci: Instrumen, Tes Uraian, Pemecahan Masalah Matematik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011