ESSAY

Writer / NIM
TATA NURILASTA PUTRI SUNA / 411415037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
Dalam matematika, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang menuntut keaktifan serta kekreatifan dalam menyelesaikan atau menemukan suatu jalan alternatif untuk memecahkan suatu masalah. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media Powerpoint pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 5 Paguyaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Paguyaman tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 59 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan powerpoint pada materi segiempat. Kata Kunci : Kemampuan, Pemecahan Masalah, Multimedia, Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011