ESSAY

Writer / NIM
NI KETUT SUSENI / 411415045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
Kemampuan penalaran matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika, agar siswa cerdas dalam melihat hubungan sebab akibat dan pandai dalam memecahkan masalah. Kemampuan penalaran dapat secara langsung meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematika matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan pada masing-masing tingkatan kelas di SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini adalah penelitian EX Post Facto melalui pendekatan Kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 67 orang yang diambil dari masing-masing tingaktan kelas yaitu kelas VIID, VIIID dan IXB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Tehnik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan kemempuan penalaran adalah analisis Uji Chi Kuadrat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signitifikan antara kemampuan penalaran matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan pada masing-masing tingkatan kelas di SMP Negeri 1 Kabila. Dimana kemampuan penalaran matematika siswa perempuan lebih unggul dibandingkan kemampuan penalaran matematika siswa laki-laki.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011