ESSAY

Writer / NIM
ASWAN KASIM / 411415048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Aswan Kasim. NIM. 411415048. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2019.Dibimbing oleh (I) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd (II) Nursiya Bito, S.Pd.,M.Pd.Hasil belajar matematika merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui dan memahami pembelajaran matematika itu sendiri. Untuk hasil belajar siswa sendiri terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya baik faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kemandirian belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga tahun ajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2018-2019 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar matematika diperoleh melalui dokumentasi hasil belajar ulangan akhir semester genap, sedangkan data kemandirian belajar diperoleh dengan menggunakan angket. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi korelasi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,60063596 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,36076, atau memiliki makna konstribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar36,076%. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011