ESSAY

Writer / NIM
WIWIN MAELE / 411415049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK Wiwin Maele. Hubungan antara Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2019. Skripsi di bawah bimbingan. Pembimbing I Bapak Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Drs. Yamin Ismail, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini merupakan metode survei dengan teknik korelasional, yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi 191 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 48 siswa yang diambil secara Simple random sampling dari 6 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. tes objektif dalam bentuk pilihan ganda untuk memperoleh data kemampuan awal matematika dan hasil belajar matematika, sedangkan angket untuk memperoleh data motivasi belajar. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan awal matematika dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,8634 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,7454, atau memiliki makna kontribusi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 74,54 %. (2) terdapat hubungan positif antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar matematika jika dilakukan pengontrolan terhadap motivasi belajar kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga, dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,8021 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,6434, atau memiliki makna kontribusi kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika jika motivasi belajar dikontrol sebesar 64,34 %. (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika jika dilakukan pengontrolan terhadap kemampuan awal matematika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga, dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,2622 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,0687, atau memiliki makna kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika jika kemampuan awal matematika dikontrol sebesar 6,87%. Kata Kunci : Kemampuan Awal Matematika, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011