ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI LAMASIKA / 411415059
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran matematika pada materi Layang-layang, Belah Ketupat, Jajar Genjang, Trapesium untuk kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yaitu mengembangkan LKPD berorientasi model Problem Based Learning (PBL). LKPD berorientasi model PBL adalah bahan cetak yang disusun dengan memperhatikan sistematika penyusunan LKPD yang didalamnya terkandung muatan yang menyajikan berbagai masalah kontekstual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan four-D Model Thiagarajan, Semmel dan Semmel terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap develop, pengembangan LKPD ini dilakukan validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji keterbacaan. Hasil validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji keterbacaan menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan mendapat respon positif. Ini menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan pembelajaran matematika untuk kelas VII SMP/MTs.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011