ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI RAUF / 411415065
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK Sri Wahyuni Rauf, NIM. 411 415 065. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Masalah Kontekstual dalam Materi Koordinat Kartesius. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikasn kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontektual pada materi koordinat kartesius. Penelitian deskripsi ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batudaa, pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes soal uraian (essay) dan wawancara untuk memperkuat hasil data yang diambil. Adapun indikator untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu, (1) Menyatakan situasi kedalam bahasa matematika.(2) Mengevaluasi situasi, ide secara lisan atau tulisan dengan gambar, grafik/diagram, (3) Menjelaskan ide, situasi dan relasi matematis, secara lisan/tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik atau aljabar. Pada indikator pertama ini kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh presentase 55,87%, artinya siswa masih mampu dalam menyatakan situasi kedalam bahasa matematika yang menyatakan suatu posisi, atau arah suatu masalah. Untuk indikator kedua, kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh presentase 91,13%, arinya siswa sangat mampu mengevaluasi situasi, ide matematika untuk menentukan suatu posisi ataupun arah suatu tempat yang ditanyakan dalam soal yang memuat masalah kontekstual. Sedangkan untuk indikator ketiga, kemampuan komunikasi matematis siswa memper oleh presentase 60,63%, artinya dibandingkan dengan indikator pertama, masih lebih banyak siswa yang mampu menjelaskan atau memberikan kesimpulan dari jawaban yang diperoleh dalam bentuk lisan ataupun tulisan, gambar/grafik dan aljabar. Dalam hal ini presentase kemampuan komunikasi matematis siswa secara keseluruhan berdasarkan ketiga indikator terhadap materi koordinat kartesius dengan menggunakan soal masalah kontekstual berada pada kategori sedang. Hal ini di buktikan dengan presentase paling banyak berada pada kategori sedang, yaitu 56%, dilanjutkan dengan kategori tinggi dengan presentase sebanyak 20%, selanjutnya kategori rendah dengan presentase 12 %, kemudian kategori sangat rendah dengan presentase 8%, dan yang terakhir kategori sangat tinggi dengan presentase sebanyak 4%. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Masalah Kontekstual ABSTRACT Rauf, Sri Wahyuni. Student ID. 411 415 065. Description of 8th Grade Students������ Mathematic Communication Ability for Contextual Problems in Cartesian Coordinate Topic. Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Principal Supervisor: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, Co-Supervisor: Drs. Yamin Ismail, M.Pd. This descriptive study aimed to describe the students������ mathematic communication ability in solving contextual problems in cartesian coordinates, which was conducted at SMP 1 State Junior High School in Batudaa during the odd semester of 2020/2021. The data was collected using essays and interview to enhance the obtained results., while the indicators to gauge the communication ability are as follows, (1) Explaining the situation in mathematic language. (2) Evaluating situations and ideas in oral or written form with figures, charts, or diagrams, (3) Explaining mathematic ideas, situations, and relations in oral or written form with concrete models, figures, charts, or algebra. The first indicator for the communication ability obtained was 55,87%, which means students were able to explain the situation in mathematic language to describe positions and directions of certain problems. Further, the second indicator for the communication ability obtained was 91,13%, which means students were able to evaluate mathematic ideas and situations to determine positions and directions of certain contextual problems. Meanwhile, the third indicator for the communication ability obtained was 60,63%, which in comparison to the first indicator, more students were able to explain and conclude answers obtained in oral or written form with figures/charts or algebra. The overall percentage of the communication ability based on the three indicators in cartesian coordinates topic by using contextual problems is in the medium category, proven by the highest percentage of the medium category arriving at 56%, followed by the high category at 20%, low category at 12 %, very low category at 8%, and very high category at 4%. Keywords: Mathematic Communication Ability, Contextual Problems
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011