ESSAY

Writer / NIM
SAPUTRA DJAWALU / 411415087
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Saputra Djawalu. 411415087. 2019. Deskripsi efektivitas pembelajaran berbasis multimedia pada materi lingkaran di kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Lailany Yahya, M.Si, (2) Nursiya Bito, S.Pd., M.Pd Matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tidak sedikit peserta didik yang merasa matematika sabagai mata pelajaran yang sulit dan kurang menyenangkan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, dalam memberikan materi pembelajaran, seringkali guru menemukan kesulitan terutama dalam memberikan gambaran konkret dari materi yang dibelajarkan. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan pembelajaran dengan menggunakan multimedia pada materi lingkaran di kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo pada tahun ajaran 2018/2019 yang ditinjau dari 4 indikator, yaitu: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berbasis multimedia, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berbasis multimedia, (3) respon positif peserta didik terhadap pembelajaran berbasis multimedia, dan (4) hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berbasis multimedia pada materi lingkaran. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia pada meteri lingkaran di kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo adalah efektif. Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik. Aktivitas peserta didik kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorntalo selama mengikuti pembelajran berbasis multuimedia dinilai berada pada kriteria batas waktu yang ideal. Respon peserta didik tiap aspek berada pada minimal 81% atau pada kategori positif. Hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo setelah mengikuti pembelajaran berbasis multimedia tuntas secara klasikal dengan persentase 80%, sebanyak 20 peserta didik mencapai nilai 70 atau lebih dari KKM. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran, Materi Lingkaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011