ESSAY

Writer / NIM
IRAWATI IBRAHIM / 411415094
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Advisor 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstract
ABSTRAK Irawati Ibrahim, 411 415 094. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing : (1) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd (2) Nurwan, S.Pd, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendektan pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Segiempat. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VII SMP negeri 12 Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran active knowledge sharing dan kelas VII-3 sebagai kelas control yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik yang diambel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang di belajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran active knowledge sharing lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika yang di belajarkan menggunakan pendekatan saintifik pada materi segiempat. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Dari data hasil analisis diperoleh thitung = 2,186 > ttabel = 1,671 sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran active knowledge sharing. Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Active knowledge Sharing, Kemampuan Pemecahan masalah Matematika siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011