ESSAY

Writer / NIM
KARTIKA MULYANI MOHAMAD / 411415101
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Advisor 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstract
ABSTRAK Kartika Mulyani Mohamad. 411415101. 2022. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas IX SMP Negeri 1 Batudaa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1)Novianita Achmad, S.Si, M.Si. (2)Nancy Katili, S.Pd, M.Pd. Kemampuan penalaran matematis adalah aktifitas memahami, berpikir logis untuk mengumpulkan fakta menarik kesimpulan, mengola dan menganalisis soal-soal yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persamaan garis lurus. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyajikan pernyataan matematika secara tertulis atau gambar, mampu melakukan manipulasi matematika, mampu menyusun bukti terhadap pernyataan matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan penalaran matematis siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-2 SMP Negeri 1 Batudaa tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis presentase. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dengan presentase 30,08%. Untuk indikator mampu melakukan manipulasi matematika dengan presentase 24,35%. Untuk indikator mampu menyusun bukti terhadap pernyataan matematika dengan presentase 25,24%. Dan untuk indikator menarik kesimpulan dari pernyataan dengan presentase 20,33%. Berdasarkan kategori tinggi sedang dan rendah diperoleh bahwa secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Batudaa dominan berada pada kategori sedang dengan presentase sebanyak 64%. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis Siswa, Persamaan Garis Lurus.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011