ESSAY

Writer / NIM
DIAN ANTUALA / 411416030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Pola Bilangan ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Data yang diperoleh melalui instrumen angket, tes dan wawancara dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase kemampuan pemecahan masalah pada masing-masing tahapan mulai dari memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, sampai memeriksa kembali, untuk masing-masing tipe kepribadian, yakni untuk siswa Tipe Kepribadian Sanguinis persentasenya turut-turut: 60%, 97%, 90%, dan 41%, siswa Tipe Kepribadian Koleris: 74%, 70%, 80%, 52%, siswa Tipe Kepribadian Melankolis: 100%, 83%, 83%, 73%, siswa Tipe Kepribadian Phlegmatis: 79%, 69%, 85%, dan 53%. Sedangkan secara keseluruhan persentase kemampuan pemecahan masalah siswa untuk masing-masing tipe kepribadian yakni Tipe Kepribadian Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Phlegmatis berturut-turut persentasenya sebesar: 72%, 69%, 85%, dan 72%. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah; Tipe Kepribadian
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011