ESSAY

Writer / NIM
NURUL AIN ARAFAH CAMARU / 411416039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dk era pandemi melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif di kelas VI SDN 76 Kota Gorontalo. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif yang subjek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas VI di SDN 76 Kota Gorontalo yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berbentuk tes uraian yang berjumlah 6 soal. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah digunakan 4 indikator, yaitu : (1) memahami dan mengeksplorasi masalah, (2) menentukan strategi penyelesaian, (3) menggunakan strategi untuk memecahkan masalah, (4) melihat kembali dan melakukan spekulasi terhadap penyelesaian yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VI SDN 76 Kota Gorontalo setelah mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif masih tergolong pada kategori cukup karena mencapai persentase 50.83%. Selanjutnya untuk hasil setiap indikator juga tergolong pada kategori cukup karena mencapai persentase masing-masing 58.33%, 49.17%, 53.33%, 41.67% Kata Kunci: Pemecahan Masalah; Multimedia Pembelajaran Interaktif; Pandemi; Lingkaran This study aims to describe students' mathematical problem solving skill in the pandemic era using interactive learning multimedia in class VI of SDN 76 Gorontalo City. This is a descriptive study, and the subject is the 20 students in class VI SDN 76 Gorontalo City. The data collection technique uses a description test with 6 questions. This study uses 4 indicators to measure the students' mathematical problem solving skill, including: (1) understanding and exploring problems, (2) determining solving strategies, (3) using the problem solving strategy, and (4) reviewing and speculating on solutions obtained. The finding indicates that the students' mathematical problem solving skill in class VI of SDN 76 Gorontalo City after participating in the learning process using interactive learning multimedia is still classified in the sufficient category because it reaches a percentage of 50.83%. The result of each indicator is also classified in the sufficient category because it reaches the percentafes of 58.33%, 49.17, 53.33%, and 41.67% respectively. Keywords : Problem Solving Skill; Interactive Learning Multimedia; Pandemic; Circle
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011