ESSAY

Writer / NIM
HAWAI ABAS KUE / 411416089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Advisor 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Abstract
Hawai Abas Kue, 2020. Nim. 411416089, "Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula" Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Syamsu Q. Badu, M.Pd (2) Resmawan, S.Pd., M.Si Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula. Data diperoleh dari hasil belajar matematika siswa yang mengikuti tes semester genap. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda dan essai. Berdasarkan data yang diperoleh pada ranah kognitif soal matematika dalam bentuk soal objektif untuk masing-masing indikator pengetahuan (C1), Pemahaman (C2), Aplikasi (C3) dan analisis (C4) adalah indikator pengetahuan (C1) memiliki persentase 56,37% atau dapat di nyatakan termasuk pada kategori rendah, indikator pemahaman (C2) Memiliki persentase 4,46% ini tergolong sangat rendah, indikator aplikasi (C3) persentasenya yaitu 39,18% masih tergolong sangat rendah dan indikator analisis (C4) persentasenya adalah 48,69% juga termasuk pada kategori yang sangat rendah. Dari keempat indikator tersebut yang ada pada soal matematika dalam bentuk objektif indikator pengetahuan (C1) menjadi indikator pencapaian siswa yang paling tinggi di bandingkan dengan indikator lain sedangkan indikator aplikasi (C3) menjadi indikator pencapaian siswa yang paling rendah pada soal objektif. Disamping itu pada ranah kognitif siswa dalam bentuk soal essai masing-masing persentasenya adalah pada indikator pemahaman (C2) memiliki persentase 44,1% hal ini termasuk pada kategori yang sangat rendah indikator aplikasi (C3) persentasenya yaitu 55,87% berada pada kategori Sangat rendah dan indikator analisis (C4) persentasenya adalah sebesar 56,28% atau termasuk pada kategori rendah. Maka dengan ini dapat dilihat indikator analisis (C4) yang menjadi indikator tertinggi pencapaian siswa pada soal essai dan Indikator pemahaman (C2) menjadi indikator terendah yang ada pada soal essai. Berdasarkan keterangan di atas hasil belajar matematika siswa jika di lihat dari ranah kognitif yang meliputi indikator pengetahuan (C1), indikator pemahaman (C2), indikator aplikasi (C3) dan indikator analisis (C4) baik pada tes objektif dan tes essai hasil belajar matematika siswa masih tergolong sangat rendah. Kata Kunci : Deskripsi Hasil Belajar Matematika Semester Genap
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011