ESSAY

Writer / NIM
RAHMI MOH. AMIN / 411417010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstract
Rahmi Moh. Amin, 411417010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 1 Batudaa. SKRIPSI. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2022. Pembimbing : (1) Dr. Drs. Ismail Djakaria, M. Si (2) Drs. Perry Zakaria, M.Pd Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dikelas VII SMP Negeri 1 Batudaa. Subjek penelitiannya kelas VII-2 yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada tahub ajaran 2022-2023 materi himpunan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 20% yakni pada siklus 1 60% menjadi 80% pada siklus II. Selanjutnya hasil analisis kegiatan guru mengalami peingkatan sebesar 17.39% yakni pada siklus I 67.39% menjadi 84.78% pada siklus II. Begitu pula pada analisis kegiatan siswa mengalami peningkatan sebesar 17.87% yakni dari 71.43% pada siklus I menjadi 89.3% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa I kelas VII SMP Negeri 1 Batudaa. Kata kunci : Model Kooperatif, Make A Match, Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011