ESSAY

Writer / NIM
AULIA VANISA MOKODOMPIT / 411417013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
ABSTRAK Aulia Vanisa Mokodompit, NIM. 411417013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Mutimedia Game Petualangan Dalam Limas (PDL) Berbasis Mobile Learning Berbantuan Model Project Based Learning Pada Materi Limas Di Kelas VIII-1 Smp Negeri 1 Tilango. SKRIPSI. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing : (1) Dr. Drs. H. Ismail Djakaria, M.Si (2) Drs. Sumarno Ismail, M. Pd Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui multimedia game Petualangan Dalam Limas (PDL) berbasis mobile learning dan model Project Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tilango pada tahun ajaran 2020/2021 semester genap dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melalui multimedia game PDL dan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar Limas. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) Adanya peningkatan hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus II (2) Pada aktivitas siswa kriteria pengamatan terbagi menjadi 7 kriteria pengamatan dan pada siklus II mengalami peningkatan (3) Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus II. Jadi rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi limas telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Kata Kunci : Multimedia Game PDL, Model Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011