ESSAY

Writer / NIM
DIYANTI DOMILI / 411417017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
ABSTRAK DIYANTI DOMILI. NIM 411 417 017. "Pengaruh Penggunaan Multimedia Game Petualangan Dalam Limas ( PDL ) Berbasis Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango". SKRIPSI. Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing : (1) Dr. Ismail Djakaria, M.Si (2) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia game Petualangan dalam Limas (PDL) berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 1 Tilango. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan multimedia multimedia game Petualangan dalam Limas (PDL) berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 1 Tilango Kab Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga di peroleh untuk kelas VIII-2 terpilih sebagai kelas yang di belajarkan dengan dengan menggunakan multimedia game petualangan dalam limas (PDL) berbasis mobile learning (kelas eksperimen) yang di ikuti oleh 20 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas yang di belajarkan media powerpoint (kelas kontrol) yang di ikuti oleh 20 siswa. Dalam penelitian ini design yang di gunakan adalah pretest-posttest control group serta teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah berbentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini mengunakan uji anacova. Hasil penelitian ini diperoleh F* = 10,361. Setelah dibandingkan dengan nilai Ftabel = F(0,05;1;37) = 4,105 diperoleh F* = 10,361 > Ftabel = 4,105, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia multimedia game Petualangan dalam Limas (PDL) berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci : Multimedia Game PDL, Hasil Belajar , Limas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011