ESSAY

Writer / NIM
GITA ANDRIYANI / 411417024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi relasi dan fungsi dalam soal cerita di kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 11 Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi relasi dan fungsi melalui pembelajaran daring di Kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo sebesar 58% berada pada kategori sedang. Kemampuan memahami masalah matematika merupakan indikator yang memperoleh skor tertinggi sebesar 75%. Kemampuan merencanakan strategi yaitu 59%. Kemampuan melaksanakan strategi yaitu 56% dan. Kemampuan memeriksa Kemabali yaitu 36% merupakan indikator yang memperoleh skor terendah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu menggunakan indikator-indikator dalam kemampuan pemecahan masalah matematika dengan baik. The recent study aims to describe students ' mathematical problem - solving ability in relation and function materials in story problems in grade VIII of SMP Negeri 11 Gorontalo . This study uses the descriptive method . The subjects are grade VIII A students of SMP Negeri 11 Gorontalo . Data collection techniques include test and interview . Based on the research , it is concluded that : the level of students mathematical problem - solving ability in relation and function material through online learning in grade VIII of SMP Negeri 11 Gorontalo is 58 % in the medium category . The ability to understand the mathematical problem is an indicator that gets the highest score of 75 % . The ability to plan strategies is 59 % . The ability to implement the strategy is 56 % and . The ability to crosscheck of 36 % is the indipor with the lowest score . This shows that most of the students have been able to use indicators in mathematical problem - solving ability well .
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011