ESSAY

Writer / NIM
REKA JULIANA / 411417050
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstract
Reka Juliana, NIM 411417050. Skripsi ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Blended Learning Pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila����¯�¿�½���¯���¿���½������. Dengan pembimbing (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Siti Zakiyah, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui Blended Learning yang mengkombinasikan model penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kabila tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, lembar aktivitas siswa dan tes kemampuan penalaran. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan aktivitas kegiatan siswa dalam proses pembelajaran mencapai kriteria minimal baik yaitu 80%, dan penilaian tes kemampuan penalaran menunjukkan bahwa minimal 80% dari seluruh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Blended Learning yang mengkombinasikan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi prisma dan limas. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran minimal baik pada siklus I sebesar 72.22% dan siklus II sebesar 86,11%; (2) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan siswa minimal baik selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 77.50% dan siklus II sebesar 88,75%; (3) adanya peningkatan rata-rata tes kemampuan penalaran matematika siswa pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 15 siswa atau sekitar 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa atau 92% siswa yang tuntas. Kata Kunci: Blended Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Model Prisma dan Limas. Reka Juliana. Student ID Number 411417050. Undergraduate Thesis, "Improving on Prism and Pyramid Material in Class VIII of SMP Negeri 1 Kabila". The Principal Supervisor is Dr. Tedy Machmud, M.Pd., and the Cosupervisor is Siti Zakiyah, S.Pd., M.Pd. Study University of Gorontalo. The research aims to improve students' matehmatical reasoning ability through Blended Learning, which combines guided discovery model. This is a Classroom Action Research (CAR) which is carried out in two cycles. This research is conducted in class VIII-B of SMP Negeri 1 Kabila for the academic year 2020/2021, with a total of 25 students. Data collaction technique uses teacher activity observation sheets, student activity sheets, and reasoning ability test. The indicators of success are the teacher activity in managing learning and student activity in the learning process minimally reach the criteria of good for 80% and the assessment of the rasoning ability test obtains at least 80% of all students have achieved the minimum completeness criteria (KKM = 75). The finding shows that Blended Learning, which combines the guided discoevery model, can improve students' mathematical reasoning ability on prism and pyramid material. This cam be seen from: (1) there is an improvement in the result of observations of teacher activity in managing learning, where in cycle I is 72,22% and in cycle II is 86,11%; (2) there is an improvement in the cycle I is 77,50% and in the cycle II is 88,75%; and (3) there is an improvement in thr average test score of student' mathematical reasoning ability, where in thr cycle I there are 15 student ls of 60% who have completed and in the cycle II improves to 23 students or 92% who have completed. Keywords: Blended Learning, Mathematical Reasoning Ability, Prism and Pyramid
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011