ESSAY

Writer / NIM
ALVIN YULIA SAGITA / 411417052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
ALVIN YULIA SAGITA, NIM 411 417 052. Pengaruh Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Pada Materi Prisma dan Limas. SKRIPSI. Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2022 Pembimbing : (1) Dra. Lailany Yahya, M.Si (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa tiap kelas yaitu 30 siswa dan 26 siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk essay/uraian. Analisis inferensial dalam penelitian ini mengunakan uji anakova. Hasil penelitian ini diperoleh Fhitung = 19,0186. Setelah dibandingkan dengan nilai Ftabel = F(0,05:1:53) = 4,0230. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa blended learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, Blended learning, Model penemuan terbimbing, Prisma dan Limas ALVIN YULIA SAGITA, Student ID Number 411 417 052. The Influence of Blended Learning on Critical Thinking Ability of Class VIII Students of SMP Negeri 1 Kabila on Prisms and Pyramid. UNDERGRADUATE THESIS. Bachelors Degree Program in Mathematics Education, Departement of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo, 2022. The principal supervisor is Dra. Lailany Yahya, M.Si, and the co-supervisor is Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd. This research is an experimental study that aims to determine the influence os blended learning on students critical thinking ability on prism and pyramid material in grade VIII of SMP Negeri 1 Kabila. This study involved two classes as the experimental class and control class, with the number of students in each class including 30 students and 26 students as the research sample selected using simple random sampling. The research uses a pretest-posttest control group design, and the data collection technique used is the provision of a critical thinking ability test in the form of an essay. Inferential analysis in this study using the anacova test. the results of this study obtained Fcount = 19,0186. Compared with the value of Ftable = F(0,05:1:53) = 4,0230. The results of this study indicate that blended learning influences students critical thinking ability on prism and pyramid material in grade VIII of SMP Negeri 1 Kabila. Keywords: Critical thinking ability, Blended Learning, Guided discovery model, Prism and Pyramid
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011