ESSAY

Writer / NIM
RAHMAT RAJIB KASIM / 411417058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ABSTRAK Rahmat Rajib Kasim, NIM. 411417058. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Jaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2023. Dibimbing Oleh: (1) Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas VII-3 di SMP Negeri 1 Telaga Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada materi bilangan pecahan di kelas VII-3 di SMP Negeri 1 Telaga Jaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yakni menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan angket motivasi belajar. Prosedur penelitian meliputi perencaan, pelakanaan, pengamatan dan refleksi, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tourmament dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil pra tindakan motivasi belajar matematika siswa memperoleh presentase sebesar 67,83%. Setelah diberi tindakan, mengalami peningkatan dari 77,91% di Siklus I menjadi 83,90% di Siklus II. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Materi Bilangan Pecahan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011