ESSAY

Writer / NIM
DEBY HUMOLUNGO / 411417063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan blended learning terdahap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suwawa dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2020/2021 yang tersebar di 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, terpilih dua kelas yakni kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan blended learning dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran daring. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu pemberian tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini menggunakan analisis kovarians. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan blended learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran daring.
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011