ESSAY

Writer / NIM
RISKIMAR TAHA / 411417089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Advisor 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi statistika dikelas X ATPH-1 SMK Gotong Royong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK). Desain Kemmis dan Mc. Taggart adalah desain yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase. Data tersebut meliputi hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yakni dengan presentase 87,5%, aktivitas guru juga meningkat dengan presentase 89,46% dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang memperoleh nilai diatas 75 sebanyak 15 orang dengan presentase rata-rata 85% sedangakan yang memperoleh nilai dibawah 75 atau tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan dengan presentase rata-rata 15%. Sehingga pada siklus 1 aktivitas siswa dan rata-rata hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Team Assisted Individualization; Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011