ESSAY

Writer / NIM
NURFAJRIA RAHIM / 411417093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Advisor 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Abstract
Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media Edpuzzle berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar matematika pada materi luas segitiga dalam trigonometri kelas XI di SMKS Almamater Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan true experimental dengan desain posttest-only control group design. Penelitian ini mengambil populasi siswa kelas XI SMKS Almamater Telaga dengan sampel terpilih kelas XI TKJ sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI DPIB sebagai kelas Kontrol melalui metode pengambilan sampel simple random sampling. Masing- masing kelas yang diikuti oleh 20 siswa sebelumnya mendapatkan perlakuan berbeda. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan media edpuzzle berbantuan google classroom, sementara kelas kontrol dibelajarkan dengan youtube berbantuan whatsapp. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa skor rata-rata untuk kelas eksperimen 76,70 dan skor rata-rata untuk kelas kontrol adalah 53,30, yang artinya hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan edpuzzle berbantuan google classroom lebih tinggi dibandingkan siswa dengan menggunakan youtube berbantuan whatsapp. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan edpuzzle berbantuan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi luas segitiga dalam trigonometri. The recent experimental research aims to discover the effect of using Edpuzzle media assisted by Google Classroom on mathematics learning outcomes on the area of triangles in trigonometry topic in grade XI at SMKS Almamater Telaga. This study is quantitative research and applies experimental with a posttest-only control group design. The population is grade XI students at SMKS Almamater Telaga with selected samples of grade XI TKJ as Experiment class and grade XI DPIB as control class through a simple random sampling method. Each class which was attended by 20 students previously, received different treatment. The experimental class was taught using youtube assisted by Whatsapp. The data were collected using a test instrument of mathematics learning outcomes in the form of a description. The data obtained are analyzed descripively and inferentially. The results of the descriptive analysis show that the everage score of the experimental class is 76,70 and the control class is 53,30, and this means that students��� mathematics learning outcomes by using Edpuzzle assisted by google classroom are higher than students using youtube assisted by Whatsapp. Thus, there is a significant effect of Edpuzzle assisted by Google Classroom on students��� mathematics learning outcomes in the area of triangles in trigonometry. Keywords : Edpuzzle, Google Classroom, Leaning outcones, Area of a triangle in Trigonometry
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011