ESSAY

Writer / NIM
HAYATUN NAPSIA R. TANGAHU / 411417098
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Abstract
Hayatun Napsia R.Tangahu. 411417098. 2022. Penggunaan Platform Edmodo Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Botupingge. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Resmawan, S.Pd, M.Si Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan edmodo dan google meet menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Botupingge pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada materi pola bilangan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Botupingge yang berjumlah 103 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre test " post test control grup design yang melibatkan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberi perlakuan berbeda. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan edmodo dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan google meet dengan jumlah siswa tiap kelas sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes meliputi pre-test dan post-test berbentuk essay untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan edmodo lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan google meet pada materi pola bilangan. Kata Kunci : E-Learning, Edmodo, Hasil belajar matematika Hayatun Napsia R.Tangahu. 411417098. 2022. The Use of the E-Learning Based Edmodo Platform on Students Mathematics Learning Outcomes at SMP Negeri 1 Botupingge. Undergraduate Thesis. Study Program of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. The co-supervisor is Resmawan, S.Pd., M.Si This research is experimental research that aims to determine whether or not the learning outcomes of students taught by Edmodo and Google Meet show different results. This study is conducted at SMP Negeri 1 Botupingge in the odd semester of the 2021/2022 academic year on number pattern material. The populations are all students of grade VIII at SMP Negeri 1 Botupingge, totaling 103 students. This study applies a pre-test-post-test control group design which involved 2 classes as the research sample, namely the experimental class and the control class which are given different treatments. The sample selection uses simple random sampling, therefore grade VIII A is the experimental class using Edmodo, and grade VIII C is the control class using Google Meet with the number of students in each class consisting of 25 students. The data collection technique used is the provision of tests including pre-test and post-test in the form of essays to obtain data on students learning outcome. The data analysis using the Anacova test. The results obtained indicate that students learning outcomes in the experimental class that use Edmodo are higher than that use Google Meet on number pattern material. Keywords: E-Learning, Edmodo, Mathematics learning outcomes
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011