ESSAY

Writer / NIM
DWI VIRDA VIDYANTI PAPUTUNGAN / 411417101
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
Abstrak Dwi Virda Vidyanti Paputungan. 411417101. 2021. Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dalam Aplikasi Google Meet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMPN16 Gorontalo. . Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Tujuan dari penelitian eksperimen ini untuk mengetahui adanya pengaruh pengelolaan pembelajaran dalam aplikasi google meet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMPN16 Gorontalo. Dengan hipotesis awal yaitu pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google meet lebih tinggi dari pengelolaan pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan classroom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN16 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sehingga diperoleh untuk kelas VIII-A terpilih sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan google meet (kelas eksperimen) yang diikuti oleh 23 siswa. Dan kelas VIII-B yang dibelajarkan menggunakan classroom (kelas kontrol) yang diikuti oleh 22 siswa. Dalam penelitian ini design yang digunakan adalah Intact Group-Comparison serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan google meet lebih tinggi dari pengelolaan pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan classroom. Kata Kunci : Google Meet, Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Prisma dan Limas Abstract Dwi Virda Vidyanti Paputungan. 411417101. 2021. The Effect of Learning Management in the Google Meet Application on Students' Mathematical Problem Solving Skill at SMPN16 Gorontalo. Undergraduate of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd and the Co-supervisor is Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd. This is experimental research with the aim of knowing the effect of learning management in the Google Meet application on students mathematical problem solving skill in class VIII of SMPN16 Gorontalo. The initial hypothesis is the students learning management using the Google Meet application is higher than the one that is taught by Classroom. The populations are the entire students in class VIII of SMPN16 Gorontalo. This research applies total sampling, so that there are 23 students in class VIII-A as the class that is taught by using Google Meet (experimental class) and 22 students in class VIII-B as the class that is taught by using Classroom (control class). This research employs an Intact Group-Comparison design with the data collection technique applies a problem-solving skill test in the form of essay, in which the hypothesis testing uses a t-test. The finding shows that the students' mathematical problem solving skill who are taught by using Google Meet is higher than the students' mathematical problem solving skill who are taught by using Classroom. Keyword: Google Meet, Problem Solving Skill, Prism and Pyramid Material.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011