ESSAY

Writer / NIM
SITI RAHMAWATI UMAR / 411417104
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK Siti Rahmawati Umar, NIM. 411417104. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Pada Materi Kubus Dan Balok Di kelas Kelas VIII SMPN 16 Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Dibimbing Oleh: (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Menggunakan model pembelajaran means ends analysis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 16 Kota Gorontalo tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. hasil observasi kegiatan siswa selama proses kegiatan pembelajaran mencapai kriteria aktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunaka Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dapat dilihat dari : (1) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 50,00%, dan siklus II sebesar 90,91%; (2) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 46%, dan siklus II sebesar 87%; (3) adanya peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau sekitar 65,38% dan pada sikus II meningkat menjadi 23 siswa atau 88,46% siswa yang tuntas. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Kubus dan Balok, Means Ends Analysis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011