ESSAY

Writer / NIM
NURFAIDA BAID / 411418018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Tengah dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Tengah pada tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 23 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data observasi guru, analisis data observasi siswa, dan analisis tes hasil belajar. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai hasil belajar matematika siswa sebesar 52,82% pada siklus I, dan 82,60% pada siklus II. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar matematika ssiswa sebesar 27,78%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Talking Stick dengan dua siklus tahap pembelajaran. Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar, Aritmetika Sosial
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011