ESSAY

Writer / NIM
KHAERANI / 411418028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
Khaerani. 411418028. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Prisma Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat pengaruh multimedia interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi prisma. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang diklasifikasikan menjadi dua yakni VIII-2 selaku kelas eksperimen serta VIII-1 selaku kelas kontrol pada populasi SMP Negeri 12 Gorontalo. Dengan desain penelitian post-test only control group design. Teknik pengumpupulan data yaitu pemberian tes kemampuan penalaran matematis berbentuk essay. Pengolahan data memakai analisis deskriptif memperlihatkan bahwasanya rata-rata kemampuan penalaran kelas eksperimen lebih unggul jika diperbandingkan kelas kontrol. Adapun hasil analisis inferensial memperlihatkan bahwasanya kedua data berdistribusi normal serta homogen sehingga dilanjutkan dengan uji-t dua pihak dan diperoleh hasil H(0) ditolak serta H(1) diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik lebih tinggi setelah dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif dibandingkan menggunakan power point. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Kemampuan Penalaran Matematis, Prisma.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011