ESSAY

Writer / NIM
SITTI MAWADDAH TAIB / 411418045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran siswa dengan model pembelajaran galperin berbantuan multimedia interaktif pada materi prisma. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu VIII-A SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengolahan data menggunakan analisis lembar observasi kegiatan guru,lembar observasi kegiatan siswa dan tes hasil kemampuan penalaran. Adapun rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa dari masing masing indikator : 1) memberikan alasan dari kebenaran solusi, pada siklus I 70,28 % meningkat pada siklus II 80,28%, 2) membuat kesimpulan, pada siklus I 68,33 % meningkat pada siklus II 79,17% 3) membuat penjelasan matematika, pada siklus I 68,89 % meningkat pada siklus II 78,89% dan 4) manipulasi matematika, pada siklus I 60,83 % meningkat pada siklus II 77,50% . Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dengan model pembelajaran galperin berbantuan multimedia interaktif pada materi prisma dikelas VIII-A SMP 1 Kabila.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011