ESSAY

Writer / NIM
ASMINI S. MAHADI / 411418078
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
Asmini S. Mahadi, Nim. 411418078. Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo, 2023. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar di SMP Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu post-tes only control group design. Untuk kelompok eksperimen diberi perlakuan model kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline sedangkan untuk kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan model kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline yakni sebesar 70,36 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung yakni sebesar 63,48. Hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel didapat bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena memenuhi kriteria pengujian thitung = 1,916 > ttabel = 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Kooperatif Tipe Stad, Pemahaman Konsep.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011