ESSAY

Writer / NIM
PUTRI YANTI MAMONTO / 411418088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) pada materi barisan dan deret aritmetika. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Batudaa tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan tes, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis observasi kegiatan guru, analisis aktivitas siswa, dan tes pemahaman konsep matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Kammis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada materi barisan dan deret aritmetika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes pemahaman konsep matematika pada siklus I yaitu 63,57 meningkat pada siklus II menjadi 81,42 dengan presentase hasil pengamatan kegiatan guru siklus I mencapai 71,15% sedangkan siklus II mencapai 86,53% dan persentase hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I mencapai 65,17% meningkat pada siklus II mencapai 83,92%.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011