ESSAY

Writer / NIM
SLIPMER MOHI / 411418103
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
Slipmer Mohi, 2022. NIM. 411418103. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBANTUAN MEDIA MATEMATIKA ASYIK DI SMP NEGERI 14 GORONTALO KELAS VIII. Skripsi. Gorontalo. Program Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs.Franky A. Oroh M.Si (2) Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan media matematika asyik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung di SMP Negeri 14 Gorontalo tahun Pelajaran 2022/2023, dengan 25 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrument yang di gunakan berupa lembar observasi untuk siswa dan guru, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan dan tes hasil belajar. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Hasil observasi guru yang masuk kategori baik dan sangat baik meningkat dari 58,34% menjadi 87,5%. Selain itu hasil observasi siswa yang mendapat kategori Baik dan Sangat Baik meningkat dari 46,46% menjadi 86,33%. Sedangkan untuk hasil belajar pada ranah afektif yang dinilai menurut tabel penilaian sikap juga mengalami peningkatan dari 61,6% menjadi 82,4%. Selain itu, hasil belajar ranah psikomotor yang diukur dengan lembar penilaian keterampilan juga meningkat dari 72% menjadi 79%. Hasil belajar pada ranah kognitif yang ditunjukkan pada tes tulis juga meningkat dari 44 % menjadi 80%. Semua item penilaian diselaraskan dengan Hasil Belajar pada Siklus 2 melalui penggunaan media matematika asyik. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Matematika, Persamaan Garis Lurus
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011