ESSAY

Writer / NIM
SARTINA A. BADAL / 411418132
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstract
Sartina S. Badal, NIM. 411418132. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa. Program Strudi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Siti Zakiyah, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Desain. Untuk kelompok eksperimen diberikan perlakuan model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif sedangkan untuk kelompok kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan modelProblem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif lebih tinggi yakni 45,5 daripada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yakni sebesar 32,6. Kemudian hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel di dapat bahwa thitung > ttabel atau 3,07 > 1,68 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima yakni terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Statistika, Problem Based Learning, Media Pembelajaran Interaktif.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011