ESSAY

Writer / NIM
RIRIN DEHI / 412416009
Study Program
S1 - MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Advisor 2 / NIDN
IFAN WIRANTO, ST., MT / 0028017204
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kinerja sistem antrian dalam mengoptimalkan pelayanan pada servis sepeda motor. Penelitian ini dilakukan di PT. Hasjrat Abadi-Yamaha Gorontalo dengan mengambil data primer selama 27 hari pada pukul 08.00 - 12.00. Variabel yang digunakan adalah data waktu kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan pelanggan. Hasil penelitian menunjukan, sistem antrian pada tempat servis sepeda motor adalah Distribusi waktu kedatangannya yaitu distribusi poisson, sedangkan distribusi waktu pelayanannya yaitu berdistribusi umum (general). Sehingga sistem antrian pada tempat servis sepeda motor mengikuti model (M/G/6):(GD/�/�). Berdasarkan perhitungan tabel kinerja dari beberapa server yang berbeda, diperoleh bahwa kinerja dari sistem antrian yang terdapat pada servis motor optimal menggunakan 5 server. Pengujian distribusi waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan dilakukan dengan menggunakan software SPSS.25. Kata Kunci: Optimasi, Model antrian M/G/C, Distribusi Poisson, Distribusi Umum (general)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011