ESSAY

Writer / NIM
ZIAN BULA / 413418003
Study Program
S1 - STATISTIKA
Advisor 1 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Advisor 2 / NIDN
LA ODE NASHAR, S.Pd., M.Sc. / 0015079102
Abstract
Zian Bula, 2022. Implementasi Improved Chi-square Automatic Interaction Detection pada Klasifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Informasi Generasi Muda Mananggu. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Statistika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Resmawan, S.Pd., M.Si, (2) La Ode Nashar, S.Pd., M.Sc Kemampuan Literasi Informasi dibutuhkan untuk mencari sumber yang bermutu, mengelola dan memilah informasi sehingga dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat. Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi literasi informasi menyebabkan perlunya dilakukan klasifikasi. Metode yang digunakan adalah Improved Chi-Square Automatic Interaction Detection (Improved CHAID) yang bertujuan untuk mengklasifikasikan faktor-faktor pengaruh dengan kemampuan Literasi Informasi. Penenlitian menggunakan data primer yaitu 237 Generasi Muda Mananggu (15-24 tahun) dengan variabel dependen Literasi Informasi. Adapun variabel Independen yang terdiri dari Minat Baca, Kebiasaan Membaca, Jenis Kelamin, Literasi Digital, Kebutuhan Informasi, Berpikir Kritis, dan Perilaku Pencarian Informasi. Berdasarkan Analisis Improved CHAID diperoleh faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi Literasi informasi yaitu Kebiasaan Membaca (83%), Kebutuhan Informasi (89%), dan Berpikir Kritis (94%). Kinerja klasifikasi dari Testing Data 40% dengan akurasi klasifikasi yaitu 77% atau dari 95 sampel terdapat 73 sampel tepat diklasifikasi. Adapun sensitifitas 78% menunjukkan hasil klasifikasi mampu memprediksi sampel yang memiliki Literasi informasi, spesifisitas 74% menunjukkan hasil klasifikasi mampu memprediksi sampel yang tidak memiliki Literasi informasi dan Press'Q 27,38 menunjukkan stabilnya klasifikasi atau signifikan secara statistik. Kata Kunci: Klasifikasi, Improved CHAID, Kinerja Klasifikasi, Literasi Informasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011