ESSAY

Writer / NIM
RINTO / 421404014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK RINTO,2012. Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran fisika (suatu penelitian di MAM Boliyohuto). Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul S.pd M.pd Penelitian ini merupakan studi eksperimen di MAM Boliyohuto yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh startegi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan kelas yang bukan menggunakan strategi Reciprocal Teaching. Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas X di MAM Boliyohuto menjadi populasi pada penelitian ini dan sekaligus sebagai sampel. Penarikan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh, karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari berbagai kriteria pengujian yang digunakan, menunjukan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh F hitung > F table ( hipotesis diterima). Dari perbedaan yang tedapat pada kelas yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan kelas yang bukan menggunakan strategi Reciprocal Teaching dapat disimpulkan bahwa strategi Reciprocal Teaching mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi Reciprocal Teaching, Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011