ESSAY

Writer / NIM
YUNITA YOYATAN / 421405022
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
Yunita Yoyatan, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan. (Suatu Penelitian Eksprimen Di SMP Negeri 6 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hi. Yoseph Paramata. M.Pd, Pembimbing II: Nova. E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling, kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 24 siswa yakni kelas VIII4 dan kelas kontrol sebanyak 22 siswa yakni kelas VIII3. Teknik analisis data menggunakan uji t. sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji barlett. Dari hasil analisis data pada = 0.05 diperoleh ttabel = 2.02 dan thitung = 20.31, ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi tekanan. Perbedaan hasil belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh distribusi rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen 49.91 % dan kelas kontrol 29.35 %. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing pada materi tekanan memberikan hasil yang baik. Oleh karena itu, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011