ESSAY

Writer / NIM
ERFIANTI MASPEKE / 421407017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
Erfianti Maspeke, 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada mata pelajaran Fisika. Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di SMK negeri 3 Gorontalo, terlihat bahwa kurangnya perhatian dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, guru kurang memberikan sentuhan teknologi yang dijumpai di masyarakat yang berkaitan dengan materi yang dipelajari siswa dalam pembelajaran sehingga memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat yang bertujuan memberikan sentuhan teknologi yang dijumpai di masyarakat kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang dipelajari dalam pembelajaran sehingga memberikan pengetahuan tentang keterkaitan antara sains teknologi dan masyarakat sehingga siswa menjadi paham dan sadar akan pentingnya materi yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 7 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay, lembar kegiatan guru, dan lembar aktivitas siswa. Penelitian ini telah dilakukan peneliti dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pada siklus 1 untuk siswa yang dikenai tindakan sebanyak 24 orang terdapat 17 orang siswa yang tuntas (70,83%) dan 7 orang siswa yang tidak tuntas (29,17%) hingga mengalami peningkatan pada siklus 2 yakni terdapat 22 orang siswa yang tuntas (91,67%) dan 2 orang siswa yang tidak tuntas (8,33%). Hal ini menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan telah mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan. Kata kunci : Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011