ESSAY

Writer / NIM
INDRIATY IBRAHIM / 421407030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
INDRIATI IBRAHIM, 2012. Pengaruh penguasaan konsep Dasar Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Listrik Dinamis (suatu Penelitian Pada kelas X di SMA Negeri I Bolangitang). Skripsi. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Fitriyane Lihawa,M.si Pembimbing II: Citron Payu,SPd.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dasar matematika dan hasil belajar pada pelajaran fisika. Desain Penelitian untuk melihat hubungan secara empirik dari variabel konsep dasar matematika (X) dan hasil belajar (Y). Metode penelitian ini yang dilakukan adalah survey yang dilakukan pada 60 peserta didik kelas X melalui teknik pengambilan sampel proposional dan acak (propotional random sampling ) pada 264 peserta didik. Pengumpulan data penelitian hasil belajar fisika dan dasar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda . Analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan untuk variabel X dan variabel Y benar- benar normal dan diterima.Hasil analisis regresi dan korelasi yang diperoleh regresi dan hipotesis =0,446 + 0,99 hal ini berarti terdapat pengaruh atau hubungan antara konsep dasar matematika terhadap hasil belajar fisika,Untuk itu guru disarankan guru dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik dengan upaya mengetahui konsep dasar matematika dan konsep fiska peserta didik memiliki dasar matematika yang tinggi atau memadai tidak menjadi masalah bagi guru dalam proses pembelajaran tetapi peserta didik memiliki dasar matematika kurang akan menjadi maslah dalam proses pembelajaran.untuk itu hal ini tidak akan terjadi maka guru merancang pola pembelajarn sesuai kebutuhan peserta didik,misalkan mengulang kembali konsep- konsep matematika pembelajarn. Kata Kunci : konsep Dasar Matematika, hasil belajar peserta didik pada pelajaran Fisika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011