ESSAY

Writer / NIM
INGGRIT STEFFANI POSUMAH / 421407031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Inggrit S. Posumah. “Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari, Kab. Boalemo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Dengan populasi penelitianseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari yang terdiridari 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan instrument berupa tes essay. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik uji ?2 dan diperoleh nilai yaitu untuk kelas eksperimen sebesar1.30 dan untuk kelas kontrol sebesar 1.38 11.1. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas, data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, pengujian homogenitas varians diuji dengan menggunakan uji barllet dan diperoleh yaitu 1.03 ? 3.84 selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis yang diuji secara statistik dengan menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan yaitu Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pengajaran langsung. Hal ini mengindikasikan bahwa Pendekatan Sains Teknologi masyarakat berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata kunci: Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011